5 Peluang Usaha Sampingan Untuk Guru

LIHATLAGI.COM, Peluang usaha sampingan untuk guru, terutama guru honorer. Kebetulan saya sendiri guru honorer, jadi sedikitnya tahu dan merasakan nasib seorang guru honorer.

Penghasilan guru honorer pada umumnya mengandalkan honor dari dana BOS. Jika dilihat nominalnya, penghasilan guru honorer memang tidak seberapa.

Tapi karena tujuan mengajar bukan sekadar uang, maka jalani saja secara ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Mudah-mudahan dengan menjaga niat dan melaksanakan tugas dengan baik, menjadi sebab dibukakannya pintu rejeki dari jalan lain yang tidak disangka.

Lebih dari sekarang honor dan penghasilan, semoga Allah memberikan pahala yang berlipat ganda dan mengampuni dosa-dosa guru honorer. Guru PNS juga. Intinya semua guru.

Sebagai seorang guru, seringkali mengajarkan kreatifitas kepada anak didik. Guru sendiri tidak boleh berpangku tangan dan meratapi nasib gegara belum sertifikasi, belum diangkat PNS atau honor kecil.

Guru mesti berupaya mencari penghasilan tambahan dengan cara membuka usaha sampingan. Maaf bukan menggurui, sekarang ingin berbagi.

Peluang usaha sampingan untuk guru honorer

Jam kerja guru sudah jelas, dari pagi sampai siang. Paling siang biasanya jam 14.00 WIB. Selebihnya, waktu kosong (tidak terikat jam kantor).

Peluang usaha sampingan untuk guru

Waktu kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal positif, misalnya dengan berbisnis. Karena sekarang zamannya online, di sini saya akan berbagi ide peluang usaha sampingan untuk guru yang sifatnya online.

1. Blogging

Blogging adalah aktifitas menulis di blog. Dulu memang blogging tidak bisa diandalkan untuk menambah penghasilan. Tetapi sekarang, penghasilan dari ngeblog cukup menggiurkan.

Seorang blogger yang berhasil mendaftarkan blognya ke Google AdSense, bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulan.

Sebagai seorang guru, pasti punya kemampuan menulis yang baik. Selain itu, guru tidak akan kebingunan mencari sumber konten karena sekolah merupakan tempatnya ilmu pengetahuan.

Guru bisa membahas topik materi pelajaran, tips belajar dan info-info terbaru seputar guru.

Salah satu guru yang sukses dari ngeblog adalah Deni Demian Renovtri pemilik blog gurusd.web.id.

Baca juga: 3 Alat Ngeblog Untuk Jadi Blogger Sukses

2. Jasa pengetikan online

Punya laptop dan kuota jangan dianggurin aja. Coba manfaatkan untuk membuka jasa pengetikan online.

Bapak/Ibu Guru bisa menawarkan jasa pengetikan online lewat blog pribadi atau melalui media sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Jasa pengetikan bisa dimulai dengan menghubungi kepala sekolah terdekat. Mereka biasanya banyak pekerjaan yang karena satu dan lain hal tidak bisa dikerjakan sendiri.

Guru kreatif bisa melihat itu sebagai peluang usaha.

3. Jualan online

Sekarang ini, pelajar dan masyarakat umum juga sudah pada lincah jualan online. Masa guru tidak bisa? Jualan produk apa saja yang halal dan banyak peminat lewat Facebook, Instagram atau marketplace.

Jualan online tidak akan menyita waktu terlalu banyak. Beda dengan membuka toko yang harus ditungguin. Jualan online hanya posting foto produk, membalas chat dan mengirim barang jika ada yang pesan.

Besar kecilnya penghasilan dari jualan online ini bergantung dari berapa banyak mampu menjual. Seorang guru kreatif pasti bisa menyiasati kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

4. Les private

Membuka kursus atau les private dapat mengisi waktu kosong sepulang sekolah sekaligus dapat menjadi usaha sampingan bagi guru.

Les private bisa dilakukan di rumah atau guru datang ke rumah murid. Untuk tahap awal bisa promosi pada murid di sekolah, tapi tak boleh ada paksaan. Sekadar promosi bahwa Bapak/Ibu guru membuka les private di rumah.

Atau, Bapak/Ibu guru bisa bergabung di ruangguru.com, menjadi pengajar dengan bantuan aplikasi.

5. Jasa pembuatan blog

Peluang usaha sampingan untuk guru yang bisa saya share di sini adalah membuka jasa pembuatan blog dan website.

Ini mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua guru, tetapi hanya bisa dilakukan oleh guru yang bisa membuat blog atau website.

Jika Bapak/Ibu guru merasa mampu membuat blog atau website, kenapa tidak dicoba membuka layanan jasa pembuatan website?

Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tulis komentar:
Ketik namamu di sini