Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran dan Sebaliknya

LIHATLAGI.COM, Halo adik-adik! Pada postingan kali ini, saya akan berbagi cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran. Dan sebaliknya, dari pecahan campuran diubah menjadi pecahan biasa.

Seperti disebutkan di situs wikipedia, bahwa pecahan adalah suatu istilah dalam matematika yang terdiri atas pembilang dan penyebut.

Penulisan pecahan biasa dilambangkan dengan per (—), contohnya 1/2, 3/5, 6/8, 9/4 dan sebagainya. Angka 1, 3, 6 dan 9 pada contoh barusan disebut pembilang, sedangkan angka 2, 5, 8 dan 4 dinamakan penyebut.

Pecahan barusan juga memiliki nilai yang sama dengan 10/20, 30/50, 60/80 dan 90/40. Kalau pembilang dikalikan 10, maka penyebutnya juga harus dikalikan 10. Intinya, pembilang dan penyebut harus dikalikan dengan angka yang sama kalau nilainya ingin tetap sama (senilai).

Baca juga: Cara Mudah Belajar Pecahan Senilai

Pecahan biasa dengan angka pembilang lebih besar dari penyebut, bisa diubah menjadi pecahan campuran.

Cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran

Ciri pecahan campuran adalah adanya bilangan bulat dan pecahan. Dihasilkan bilangan bulat karena itu tadi, pembilang lebih besar dari penyebut. Sehingga pembilang dibagi penyebut menyisakan angka pecahan.

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa dari pecahan biasa 9/4 bisa diubah menjadi pecahan campuran, hasilnya 2 1/4.

Cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, mudah. Pembilang tinggal dibagi oleh penyebut. Lalu sisanya tetap ditulis dalam bentuk pecahan biasa.

Contohnya, 9 dibagi 4 = 2, tetapi masih ada sisa yaitu 1. Karena penyebutnya pada 9/4 adalah 4, maka sisa angka satu ditulis lengkap dengan penyebutnya jadi 1/4. Angka 2 (bilangan bulat) + 1/4 (pecahan) = 2 1/4 (pecahan campuran).

Apakah penjelasan di atas dapat dipahami?

Kalau sudah paham, silakan adik-adik coba kerjakan soal latihan berikut ini:

  1. Berapa pecahan campuran dari 14/3?
  2. Ubahlah pecahan biasa 25/6 menjadi pecahan campuran!

Jawabannya silakan tulis di kolom komentar.

Sebaliknya, bagaimana cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa?

Cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa

Nah, untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa caranya:

  1. Bilangan bulat dikalikan dengan penyebut (contoh 2 x 4 = 8). Angka 8 naik jadi pembilang, dan angka 4 jadi penyebut dari 8 (8/4). Delapan per empat hasilnya kan 2.
  2. Angka pecahan biasa (1/4) ditambahkan dengan hasil perkalian bilangan bulat dengan penyebut (8/4) menjadi 8/4 + 1/4 = 9/4.

Ingat! pembagi atau penyebut jangan ditambahkan jadi 8/4+1/4 ≠ 9/16 ya. Yang ditambahkan hanya pembilangnya saja.

Untuk latihan soal, silakan adik-adik ubah pecahan campuran 3 5/6 menjadi pecahan campuran!

Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat belajar!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tulis komentar:
Ketik namamu di sini