4 Jenis Kain Bahan Tas Outdoor [Selempang, Daypack, Carrier]

LIHATLAGI.COM, Halo sobat Lihatlagi.com! Siang ini saya akan sharing seputar jenis-jenis bahan tas outdoor yang biasa dipakai dalam pembuatan tas selempang, daypack dan carrier.

Merek alat outdoor yang terkenal asal Bandung yang jadi acuan para produsen tas di Indonesia salah satunya adalah EIGER.

Para produsen dan konsumen tas outdoor, sering mencari bahan tas dan aksesoris tas yang mirip produk EIGER.

Jenis bahan tas Outdoor

Jenis atau nama bahan tas outdoor itu banyak macamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Cordura

Tas Eiger umumnya memakai bahan Cordura. Dari beberapa informasi yang saya baca, Cordura sendiri sebetulnya bukan nama bahan tas. Melainkan Trade Mark (merek dagang) kain berkualitas tinggi. Produksinya di luar negeri.

Nah, Eiger itu memakai bahan merek Cordura yang didatangkan dari luar. Untuk bisa memakai bahan Cordura asli, katanya pabrik konveksi akan disurvey dulu kelayakannya oleh pihak Cordura. Tapi kurang tahu juga.

Kebanyakan yang beredar di Indonesia, yang seringkali kita sebut Cordura adalah kain yang menyerupai bahan dari merek Cordura.

Kain bahan tas outdoor
Via IG @tokobahantas

Selain Eiger, yang saya tahu menggunakan bahan Cordura adalah sepatu tactical merek Delta.

Kalau diteliti, baik Eiger maupun Delta pada produknya terdapat label Cordura. Jadi pemakaian bahan tersebut memang tidak sembarangan.

2. Nylon

Selain jenis cordura, bahan tas yang sering digunakan adalah nylon. Kain nilon serat luarnya halus, sedangkan bagian dalamnya dilapisi latek bening anti air.

Kain bahan tas outdoor

Kain nylon terlihat mengkilat, ketebalan kain ini juga macam-macam. Jenis kain nilon sering digunakan pada pembuatan tas selempang, body pack dan waist bag.

3. Dolby

Kain dolby yang paling banyak digunakan untuk bahan pembuatan tas outdoor adalah motif sarang tawon. Bentuk seratnya poligon sehingga sering disebut sebagai bahan dolby sarang tawon.

Dolby sarang tawon kain bahan tas gunung

Kain dolby umumnya lebih tipis dari bahan cordura dan nylon. Bahan ini ringan dan kedap air (waterproof) karena lapisan dalamnya dilapisi latek bening yang tidak mudah terkelupas.

Oh iya, dalam pemakaian bahan tas outdoor, hindari bahan yang memakai latek PPC. Bahan dengan latek PPC biasanya cepat terkelupas dan berat.

4. Torin/ Sabet (lapisan dalam)

Tas outdoor atau tas gunung biasanya dibuat dengan bahan yang kuat dan berlapis-lapis. Hal ini karena aktifitas luar ruang dinilai berat sehingga barangnya pun harus kuat dan tahan lama.

Untuk lapisan dalam, tas gunung biasanya dilapisi oleh lapiran kain tipis namun kuat. Kain ini bernama torin. Tapi yang lebih bagus dan kuat namanya kain sabet. Jadi kain torin ini gradenya macam-macam.

Ciri kain torin yang bagus, saat kait tersebut di tarik dengan ibu jari, serat kainnya tidak mudah terurai.

Pembelian bahan-bahan tadi ada yang dirol, dimeter, ada juga yang dikilo. Kalau di Bandung, grosir kain bahan tas outdoor ada di kawasan tekstil Cigondewah dan di jalan Otista.

Di Cigondewah, ada toko khusus bahan kain tas Outdoor produk impor. Kualitasnya bagus, harganya sama dengan kain produk lokal.

Sedangkan untuk aksesorisnya, seperti tali webbing, plastik sodokan, ring jalan, resleting dan sebagainya, di Bandung berpusat di Jalan Otista.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tulis komentar:
Ketik namamu di sini