Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

LIHATLAGI.COM, Ketika menyusu, terkadang bayi suka menggigit puting ibunya. Seorang ibu pasti dilema, ditarik tidak tega, dibiarkan sakit rasanya.

Selanjutnya, ibu sedikit bingung. Menyusui takut bayi menggigit puting lagi, jika tidak bayi menangis ingin menyusu.

Hal seperti itu dialami oleh istri saya. Dan mungkin dialami juga oleh kebanyakan ibu menyusui.

Pengalaman pribadi dan kepercayaan di desa

Menurut orang-orang tua di desa, kalau anak menggigit puting ibunya saat menyusu itu tandanya anak sedang mengalami sakit.

Sakit yang umum terjadi sehingga bayi menggigit puting biasanya disebabkan bayi terkilir. Istilah kampungĀ misalah atauĀ ticengklak.

Ticengklak disebabkan oleh aktifitas bayi yang mulai lincah atau salah posisi menggendong. Misalnya digendong oleh kakaknya yang belum dewasa.

Pengalaman pribadi, anak saya dibawa ke dukun beranak. Dan Alhamdulillah, selang 2 hari anak sudah tidak menggigit puting ibunya lagi.

Tetapi secara medis ini boleh jadi tidak dibenarkan. Dan tulisan ini pun bukan sebuah anjuran untuk melakukan hal yang sama.

Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi foto bayi menyusu via Prelo.co.id

Alasan bayi suka menggigit puting ibunya saat menyusu

Menurut penjelasan dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC dari RS Permata Depok yang dimuat di laman Detik Health, penyebab bayi suka menggigit puting ibunya antara lain:

  1. Adanya manipulasi puting susu menggunakan empeng atau botol dot. Bayi yang disusui dengan dot biasanya mengalami bingung puting karena mekanisme kerja dot dan puting ibu jelas berbeda. Sebaiknya hindari manipulasi puting dengan dot.
  2. Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang kurang tepat. Pemberian MPASI yang tidak sesuai usia bayi juga dapat menyebabkan feses keras. Baca: Penyebab dan cara mengatasi feses anak keras & Sulit BAB.
  3. Sebagai bentuk protes bayi karena ada kelainan anatomi dalam mulut bayi atau ada ketidaknyamanan lain.

Nah, pengalaman para orang tua tadi dengan analisa kedokteran seperti disampaikan dr. Asti bertemu di poin 3. Bayi menggigit puting ibunya karena dia protes, ada yang tidak nyaman ditubuhnya.

Tambahan, penyebab kebiasaan anak menggigit puting ibu juga bisa karena LDR (Let Down Reflex) terlalu lama.

Untuk mengatasi masalah ini, dr. Asti menyarankan bayi segera di bawah ke klinik laktasi untuk dilakukan evaluasi menyusui dan penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi bayi suka gigit puting ibunya

Untuk mengatasi kebiasaan bayi suka gigit puting ibunya, seperti dilansir liputan6.com adalah sebagai berikut:

  1. Saat anak menggigit puting, ibu bisa memasukkan kelingking ke sudut mulutnya agar gigitan terlepas. Namun pastikan jari selalu dalam keadaan bersih. Berikan jeda waktu untuk menyusui lagi.
  2. Jaga asupan makanan ibu agar ASI tetap lancar. Ibu tidak boleh menyusui bayi dalam keadaan haus atau lapar. Sebelum menyusui, minimal minum air putih yang banyak.
  3. Berikan anak peringatan setiap kali dia menggigit puting.

Demikian, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tulis komentar:
Ketik namamu di sini